14
Jun
10

Sosialisasi Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

Dengan adanya sosialisasi diharapkan masyarakat dapat memahami alur dalam proses klaim jamkesos dan mengetahui tentang manfaatnya jamkesos bagi masyrakat miskin.

Masyarakat yang belum mendapatkan kartu dapat diusulkan melalui kab/Kota masing-masing Kemudian diteruskan ke Bapel Jamkesos untuk dapat diusulkan ke Dinas Kesehatan Propinsi DIY yang kemudian diteruskan Pemerintah Propinsi DIY.

Proses pendataan Keluarga miskin dari Dinas Tenaga Kerja dan Sosial atau instansi yang ditunjuk oleh Kab/Kota masing-masing,Pendataan jamkesos sudah melalui prosedur dan mekanisme yang ada yaitu diharapkan masing-masing kab/kota melakukan uji publik sehingga dengan adanya uji publik tersebut kriteria masyarakat miskin benar-benar mengenai sasaran dan data yang sudah sah dapat di SK-kan oleh bupati/walikota.

Apabila terjadi kesalahan ataupun kekeliruan diharapkan masyarakat dapat sampaikan melalui kelurahan ke kecamatan dan diteruskan kepada pejabat di kabupaten/kotamadya maupun di Propinsi DIY.

Dari sosialisasi tersebut diatas ada beberapa masukan dari masyarakat yaitu :

Bagaimana dengan adanya KK baru,  yang tidak mampu? Syaratnya apa?
Apabila ada KK baru maka yang bersangkutan dapat melaporkan ke RT/dusun setemapt sehingga dapat  diusulkan  ke Kabupaten untuk mendapatkan kartu jamkesos tahun berikutnya, bila dalam keadaan sakit belum punya kartu maka mengajukan surat ke dinas tenaga kerja dan sosialatau ke instansi yang ditunjuk oleh kab/kota untuk diproseskan di tahun berikutnya.

Dalam proses pendataan jangan dan istilah diduka, sehingga masyarakat yang mendapatkan bantuan biaya         kesehatan adalah betul-betul masyarakat yang kurang mampu.

Apakah dalam proses klaim jamkesos pasien bisa mendapatkan jaminan 100%? Karena dalam pelaksanaannya di rumah sakit masih ditarik biaya dari pasien? pada dasarnya pelayanan dijamin tapi harus mengikuti prosedur yang ditetapkan namun dalam memberi pelayanan di rumah sakit ada hal-hal yang diberikan oleh petugas rumah sakit diluar ketentuan sehingga sisanya harus ditanggung oleh keluarga pasien itu sendiri (mis: obat bukan generik dll).

Apakah anggota TNI/POLRI/PNS yang kurang mampu bisa diusulkan untuk mendapatkan kartu jamkesos?
Jawab :Tidak, (karena anggota keluarga yang masuk dalam KK-nya sudah dijamin oleh Askes. tetapi misalkan  yang menjadi  anggota PLORI/TNI/PNS adalah anaknya maka orang tuanya bisa diusulkan apabila dianggap miskin.

Apabila terjadi kekeliruan atau kesalahan pada kartu jamkesos bagaimana proses nya ? jawab : apabila terjadi kesalahan pada kartu jamkesos dimana pasien sedang sakit dan dirawat di rumah sakit maka keluarga pasien dapat memintakan surat Keterangan dari Kelurahan/Desa setempat.

Apakah masyarkat yang mendapatkan kartu dobel bisa dialihkan ke yang lain yang belum mempunyai kartu? Jawab : tidak bisa dialihkan, jika memiliki kartu dobel maka dilaporkan untuk dilakukan penarikan, sehingga tahun berikutnya bisa diusulkan untuk warga yang lain. Jika ada warga yang sakit tapi tidak memiliki kartu maka dapat diusulkan dengan menggunakan Live Saving dengan mengikuti aturan yang ada.

Pada intinya Jamkesos bekerja sama dengan semua rumah sakit pemrintah dan rumah sakit swasta yang ditunjuk ditambah Bidan

Praktek Swasta dan dokter keluarga yang sudah pernah mengikuti pelatihan, apabila di tempat warga masyarakat belum ada bidan praktek swasta dan dokter keluarga maka warga dapat mengusulkan ke Jamkesos yang kemudian akan diteruskan kepada Kepala dinas Kesehatan Propinsi DIY untuk dipelajari lebih lanjut.

By.Al.S(Jamkesos)

http://dinkes.jogjaprov.go.id/index.php/cberita/read/230.html



Blog Saya

Salam

Selamat Datang

Calender

June 2010
M T W T F S S
« May   Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Jam*Suhu*Cuaca

Statistik

Afiliasi

CO.CC:Free Domain

Join 4Shared Now!

Enter a long URL to make tiny:

Ayat Al-Qur’an

Jadwal Adzan

Asmaul Husna

Asmaul Husna


%d bloggers like this: